What to do in Korea?

Hello guys!!!

Kembali lagi dalam acaraaaa, Buku Cerita Annisa YEYY 😆👏🎉

Seneng banget akhirnya nulis lagi.
Setelah mengumpulkan tenaga untuk menghilangkan malas didalam diri ini.
Semoga masih ada yang baca ya hahahaha

Kali ini aku mau cerita tentang liburan terakhir aku kemarin di bulan april ke Korea.
Kenapa aku pilih april, semua pasti udah tau kalau spring pasti ngincer cherry blossom.
Psst, fyi, orang korea gak suka kalo disebut sakura, harus cherry blossom hahaha
pas aku coba baca2 emang katanya sih sakura dan cherry blossom emang agak beda.
dan jujur cherry blossom itu gak se pink sakura di jepang.
Jadi kalo kalian lebih suka yang pink, jangan ke korea yaa, nanti nyesek hati ini 😂😂😂

Jujur liburan ke korea ini aku gak seserius itu cari2 lokasi yang seru untuk didatengin, karena keberangkatannya sempet belum fix sampe 3bulan sblm keberangkatan.
Akhirnya akupun agak sedikit mepet waktunya untuk cari2 tempat seru yang mudah dijangkau.
Jujur, buat aku itu, kalo liburannya gak terlalu lama, aku gak mau nyi2in waktu dengan "yaudah kesana aja dulu ntar ngikutin kaki melangkah kemana"
Itu bukan aku banget.
Karena untuk kesana aja kita perlu nabung untuk banyak hal, jd aku maunya dapet pengalaman seru, bukan cuma sekedar jalan, belanja, foto.

Langsung aja yaaa,
ada beberapa tempat yang mau aku rekomendasiin untuk kalian coba selain hanya foto cherry blossom kalau ke korea di bulan April.

WHAT TO DO IN KOREA?

1. Strawberry Picking and Dumulmeori River

Ini adalah rekomendasi pertama aku, Strawberry picking dan Dumulmeori River, yang berlokasi di Yangpyeong.
Untuk menuju kesini, mungkin bisa lebih mudah jika kita menggunakan mobil.
Atau setelah turun dari stasiun, kalian bisa naik bus.
Tapi jujur ini lumayan sulit kalau kalain naik kendaraan umum.
Karena bus itu hanya datang 20menit sekali, seingat aku begitu.
Karena percobaan pertama aku kesana, aku telat sampai di Yangpyeong, yang ternyata aku baru tau, kalau jam 3 sore mereka sudah tutup.
Ditengah2 itu, aku sedang menunggu bus yang tidak kunjung datang.

Selain itu, kalau mau datang dihari sabtu dan minggu, sebaiknya kita telpon untuk reservasi dikarenakan biasanya akan padat pengunjung.
Ketika reservasi, kita akan diberi jadwal jam kedatangan.
Misalnya kita masuk untuk petik stroberi jam 11.00am, atau jam 13.00pm
Kalau datang dihari biasa, tidak perlu reservasi.

Untuk lebih lengkap bisa baca blog dibawah yaa.
Aku nemu info lengkap waktu itu karena blog tsb :)
She had the best information I need.

https://blog.indiway.com/strawberry-picking-in-korea-ilsan-yangpyeong

Untuk ngecek train atau bus, I recommended you to use Naver atau Kakao Maps Apps.
Karena Korea itu menurut aku jarang pake google maps, mereka lebih memakai apps buatan negara mereka sendiri, jadi sepertinya google maps agak kurang update.

Jalan menuju strawberry farm

Flower Garden Strawberry Farm

Flower Garden Farm adalah salah satu yang paling terkenal diantara banyaknya Strawberry Farm dilingkungan tersebut. Tapi kebetulan bukan itu yang aku datengin, karena saat lewat farm itu, banyak sekali anak sd yang sedang berkunjung.
Seperti ada kunjungan wisata sekolah.
Kalau masuk sedikit lagi, persis setelah Flower garden, kalian akan ketemu next farm.
Nah tempat inilah yang aku datengin.
Aku gak tau namanya, karena tulisannya korea hehe

Ini Strawberry Farm yang aku datengin

Setiap orang harus beli 1 box, boleh yang kecil atau yang besar.
Pokoknya masing2 1 box = 8.000won, karena nanti kita didalem pasti akan nyobain juga strawberry nya, jadi biar merekapun tidak ada kerugian.


Strawberry picking in Korea

This is it!
A moment of truth.
Big, Red, Sweet kind of strawberry 🍓
Who doesn't love it 😍

My face before try it.

My face after tried it.
Can you see the different? 😂

So happy with this experience.
Even my husband love it too 💖
Saking serunya, ngambilnya keterlaluan kebanyakan 😂😂

Dari ukuran tangan aku, bisa bayangin kan segede apa stroberinya 😍

See.. overload 😂😂

Jalan keluar menuju jalur mobil.
Sebrangnya adalah tempat parkir sekaligus jalan menuju Dumulmeori River.

Ini adalah alamat untuk search Dumulmeori river, 740-6 Yangsu-ri, Yangseo-myeon, Yangpyeong, Gyeonggi-do, Korea Selatan
Kalian akan ketemu tempat parkir mobil dahulu.
Yang mana, sebrang dari tempat parkir adalah Farm strawberry, kalian bisa liat sepanjang jalan ada beberapa tempat.
Sekali mendayung, dua tiga tempat wisata terlampaui pokoknya.


Ini dia.
Adem banget kalau datengnya sore sebenernya, bisa dapet sunset juga.
Tapi karena aku dateng di musim spring, jadi tetap berangin pas siang.

Matahari terik, tapi udara tetap dingin 😂


Chill 😆

 Buat yang nonton She Was Pretty Korean Drama,
pasti tau dong ini adalah salah satu shooting location nya 😆 

Iya tau gak mirip Kim Hye Jin 😂😝

Kim Hye Jin Syariah

This is Jay, My husband, and me.
He is really kind person, take me and husband here.
We are so thankful to him.

Memanfaatkan lokasi bagus untuk foto2 😝

Dijamin gak nyesel dateng kesini
Apalagi yang udah ada anak 😊

2. Dreamy Camera Cafe

Oke, ini sebenernya bukan lokasi wisata.
But for me, this is not like a regular cafe you meet every day.
Never been in my life love to hangout in cafe while travelling, even in my country as well.
But this one need attention more.
Yes, please!


Dreamy Camera Cafe

Sebelah kiri cafe, sebelah kanan rumah pemiliknya.
Feels like a dream right? 😍

Berlokasi di 341-13 Jungwon-ri, Yongmun-myeon, Yangpyeong, Gyeonggi-do, Korea Selatan
or you can easily search on google maps, and voila, thats it! Boom! Easy peasy cheesy!


Attention please!

Ngebayangin tinggal disini,
bangun tidur menghirup udara segar dengan pemandangan indah.

Welcome :)

Jadi, cerita dibalik cafe ini adalah,
ada sepasang suami istri yang bekerja dan tinggal di Seoul.
Sampai akhirnya mereka jenuh dengan kehidupan dan kesibukan perkotaan yang mereka jalani setiap hari.
Maka, menabunglah mereka untuk membuat mimpi mereka menjadi nyata, bisa mempunyai kafe disebelah rumah mereka, agar mereka mempunyai waktu untuk keluarga lebih banyak,
Memulai bermimpi dan menabung di tahun 2011, ditahun 2013 mimpi mereka menjadi nyata.
Yaitu, membuat kafe kamera ini disemua daerah kecil di Korea, Yangpyeong.
Tapi ternyata, memiliki kafe dan mengurus semuanya sendiri, membuat mereka lebih sibuk dari sebelumnya.
Tapi mereka sangat bahagia.
Itulah kenapa mereka menamakan kafe mereka dengan nama, Dreamy Camera Cafe.


Setiap pengunjung akan diberi kertas berisi 5 point apa saja mimpi kalian.
Dan mereka berharap mimpi kitapun suatu saat bisa menjadi nyata.
Indah banget yaa 😍


Pura2 minum

Lebih kurang, untuk minum dan jajan disini untuk 2 orang sekitar 15.000won - 25.000won


Foto bersama pemilik cafe 😊
She is very kind, lovely and cheerful person.

Btw she took our photo 😆😁😂

Untuk yang suka kamera, apalagi tergila2 sama polaroid dan kamera analog, kalian harus banget kesini.
Serius deh.

Noted: Minor dari cafe ini adalah lokasi sangat susah dan repot sekali dicapai kendaraan umum. Setelah pemberhentian bus terakhir, mungkin kalian harus jalan kaki cukup jauh.

3. KBS

Siapa yang suka nonton korean dramaaa 🙋🙋🙋
It's a funny experience you need to try.
You can see how station television work is.
Dan pasti kalian sudah gak asing lagi dengan stasiun tv KBS ini.

Untuk menuju kesini cukup search di google maps "KBS Korea Broadcasting Corporation"
Kalian turun di National Assembly Sta, tinggal jalan kaki bentar langsung keliatan kok gedungnya.


Lucu banget liat mobil KBS doang 😂
Mungkin karena aku termasuk penonton film dan acara tv korea.

On the inside.
And it's free, no ticket needed.

Nyobain jadi pembawa acara cuaca 😂😂

Disini kalian bisa nyobain jadi pembawa berita

Lalu akupun terdiam karena text nya bahasa korea hahahahaha
cuma bisa ngomong annyeonghaseo aja 😂

Kalau kalian ikutin jalurnya, akan ketemu semacam museum kecil gt.
Kalian bisa liat kamera dan peralatan yang mereka pake, dari dulu sampai sekarang.
DAH GITU AJA, COBAIN YAAA 😆


4. Running Man Thematic Experience Seoul


Who's love running man here?
ME! 🙋
If you love it too, this is a very important place you need to see.
This one is seriously funny and challenging.


Directions to Running Man Thematic Experience Center:
Address:
 B1/F, SM Duty Free Shop, HANA Building, Insadong 5-gil 41, Jongro-gu, Seoul
Getting Here: Jonggak Station (Line 1), Exit 3. Turn left at the first corner and walk for 3 minutes to reach the SM Duty Free building.
Opening Hours: 10am to 8pm daily (Last admission at 7pm)


Waktu itu aku beli tiket di Klook apps.
Harganya bisa lebih murah, mungkin karena mereka kerjasama, jadi bisa dapet diskon.
Tapi beli di lokasi langsung juga bisa kok.
Tapi maap sebesar besarnya karena aku lupa foto harga tiket nya hahaha
Kalau di Klook untuk berdua totalnya Rp. 303.600,-

Sebelum masuk kedalam, kalian akan diberi tahu sedikit cara bermainnya.
Kita diberi waktu selama 60 menit untuk mengumpulkan R point sebanyak 80.

Dapet pin Runningman 😁

If you get more 80 point or more, you will be entering the hall of fame and get a certificate as the 8th member.
Btw aku dapet 64 point, dan suami dapet 55 point.
Ini seriusan suami aku aja keseruan sendiri juga didalem hahaha
Gak nyangka, soalnya ini tempat wisata aku banget.
Pokoknya kesini bisa dapet olahraga dan ketawa2 guys 😂😂😂
Akhirnya ngerti sendiri rasanya menangin misi dalam waktu singkat 😂😂😂


5. Bukchon Hanok Village

It must not be complete without seeing many traditional house right?
But psst.. because so many tourist come here, sometime the local people is disturbed.


Important info!

Heartstrings Shooting Location


Sebenernya ini gak sengaja nemu lokasinya.
Jadi intinya lagi jalan2 aja, pengen cari rumah2 lucu buat foto.
Lalu pas liat kearah 1 gang gitu, aku kaget, kok kayak pernah liat dimana.
Pas aku inget2 lagi, ternyata film Heartstrings hahahaha
Sampe aku search di google untuk kasi tunjuk ke suami.
Supaya bisa foto dengan frame yang sama kyk di film 😂😂😂

Banyak yang dateng kesini sewa hanbok (baju tradisional korea)
Karena emang lokasinya cocok dan bagus.
Asal diinget2 yaa, kalau kesini harus sadar diri, jangan karena keseruan foto2 dan ngobrol sama temen atau keluarga, jadi berisik ganggu warga setempat :)
Harus saling menghargai.

Ini hari2 awal cherry blossom muncul, jadi pas liat norak,
Dimana ada bunga, langsung foto hahahaha

Duduk cantik abis keliling2 Bukchon Hanok Village 

6. Myeongdong

You guys,
Kalau belum kesini katanya belum ke Korea, yaaa khaaannnn 😆
Aku kemarin buka jastip, jadilah bosen bolak balik sini terus.
Sampe2 tiap udah selesai pengen cepet2 pergi dari Myeongdong 😂😂


Si Duo Jorok 😝😂

Ya intinya, kalau mau cari makeup, skincare, fashion, disini tempat paling banyak pilihan.
Sebenernya aku lebih suka di Hongdae,  kayak lebih ke gaul dan nongkrong sih menurut aku walaupun tetep ada toko makeup dan fashion.
Tapi menurut aku kalau kalian cuma punya waktu sedikit ke korea, pilih yang jelas lebih banyak pilihannya aja, yaitu Myeongdong.

7. Sky Ranch, Gangwon-do

Perjalanan yang sangat diluar dugaan.
Kesana tanggal 10 April 2019, pengen liat wind turbines.
Perjalanannya lumayan banyak step;
1. Kita beli tiket bus, dari Dongseoul ke Hoenggye 14.600won/orang.
2. Sampai di Hoenggye stasiun, kita naik taksi ke Ranch, lebih kurang sekali jalan 10.000won
Total yang harus kita keluarkan untuk 2 orang sampai balik lagi ke Seoul yaitu 78.400won.

Perjalanan memang jauh, lebih kurang 2.5jam tapi karena ini tempat wisata, ini lebih mudah dijangkau daripada dreamy camera cafe.
Kemarin balik dari Hoenggye nya lebih lama sampai, soalnya kena jam macet di seoul 😅



Hoenggye Sta.

Jam keberangkatan bus untuk kembali ke Dongseoul Sta.

Sampai disana ternyata salju lebat 😊
Persis hanya dihari kedatangan aku.

Jadi sebelumnya aku mau ke Samyang Ranch, ternyata tutup karena kondisi cuaca tidak memungkinkan.
Yang open hanya Sky Ranch aja.
Untuk lebih lengkapnya aku cantumin disini yaa, jadi kalian bisa pilih mau dateng ke ranch yang mana.

Samyang Ranch :



Sky Ranch (yang aku datengin) :





SAMPAI!

Okay..
It's a lil bit different from the website because it's snowy hahahahaha
what a day.

Came here for wind turbine

And this is all I got.
Dear winter, don't be jealous to spring please 😂

And this is the best thing since I got here 😂😂😂

Kalau mau mencapai puncak untuk liat wind turbine, kita bisa naik truk.
Dan hanya hari ini saja gak jalan, karena salju 😊

Sedikit mendaki demi melihat sheep sekalian foto centhyl.

Cuma ada 1 foto sheep, sisanya video semua hiks
Padahal lucu banget.
Jadi pas masih dibawah, 
suami aku bilang gini, "Waktu itu aku shooting belum ada patung, baru tuh berarti patungnya"
Pas nyampe atas, ternyata itu bukan patung.
Mereka abis dibotakin terus dieeeemmm aja diluar gitu, bener2 kyk patung hahahaha

Salju dibulan april hanya ada di Gangwon 😊

Supir taksinya ngasi kartu nama supaya pas balik kita bisa minta tolong telponin sama petugas.

Bye bye wind turbine yang gak bisa aku liat 😊
Pulangnya kena biaya taksi 10.000won

What a shock day 😂
It's fun but.. 😂😂😂😂
Long journey just to eat noodle 😂😂😂
Gak bisa ngomong apa2 lagi selain ketawa 😂😂😂


8. Namsan Tower

Siapa sih yang gak tau Namsan Tower yaa gaakk seeehhh
Kemarin lagi2 aku beli tiket di Klook, biaya untuk 2 orang Rp. Rp. 144.340,-
Sori ini bukan iklan tapi kemarin beli tiket2 di klook itu sangat memudahkan perjalanan aku dan lumayan dapet diskon kecil2 😁

Setelah kalian beli tiket, kalian akan dapat email konfirmasi dan mendapatkan petunjuk didalam email tersebut.
Seperti ini:




Nah aku ke Namsan Tower mengikuti petunjuk dari mereka dan mengikuti cara yang ada tulisan (Strongly Recommend)-nya.
So, aku naik subway dan turun di Dongguk Univ. Sta

Silahkan yang mau buka link :

https://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264550

Yang aku lingkarin merah itu pintu keluar subway, aku foto dari posisi terminal bus

Ini posisi aku nunggu bus, yang tadi aku foto pintu keluar subway

Bus yang mengantar kita ke Namsan Tower, nomer 05
Tapi selain itu katanya ada 02 dan 03 juga

Jarak dari Namsan Tower ke Jakarta, Indonesia 5,218.98 km

Ini yang paling menarik hahaha
Bisa diliat kan maksutnya apa?
Aku gak jelas fotonya soalnya malu ada orang 😂
Kalo lagi ke toilet, bagian luarnya full kaca 😂

Bagus banget sunsetnya diliat dari atas

9. SM Town COEX Artium, Gangnam

Sebenernya tadinya gak mau masukin list ini, tapi pas dipikir2 harus fair yaa nulis blognya hehe
Apalagi kebanyakan orang dateng ke korea pasti karena suka drama dan musiknya.
Untuk yang cinta banget sama SM Town, kalian harus dan wajib banget kesini, pasti kalian bakal bahagia banget.
Selain banyak souvenir, ada museum kecil dan cafe juga.
Aku tau tempat ini karena kemarin jg buka jastip.

Maap aku gak ada foto2 didalem, soalnya kemarin sibuk foto2 jastip 😂
Ada juga video itupun cuma 1 apa 2 gitu doang.


10. Dongmyo Market

Mungkin ini adalah tempat yang paling sering aku datengin, padahal gak ngurusin jastip sama sekali pas kesini.
Kalian bisa ngeliat flea market yang sangat lokal sekali disini.
Banyak barang2 branded yang harganya terbilang murah.
Kalau beruntung, kalian bisa dapetin jaket dan celana branded dengan harga Rp. 22.000,- saja.
Kemarin aku sempet nemu celana uniqlo dengan harga segitu 😁
Padahal iseng dan niatnya cuma nemenin suami liat2.

Kalian tinggal turun di Dongmyo Sta. lalu ambil pintu keluar arah Dongmyo Market.

Aku gak tau mereka buka mulai pukul berapa, yang pasti tutup di jam 6

Ini tempat paling rame, 5000won bisa dapet 3pcs.
Sumpah gak rugi, kadang kondisi barangnya masih 90%-95% baru

Kalau yang lagi diliat sama suami aku 3000won/1pc atau 5000won/2pcs

11. DDP Dongdaemun Design Plaza

Bangunan futuristic ditengah kota.
Karena searah sama dongmyo, kalian bisa jg sekalian kesini.
Bagus jg untuk foto2.
Atau kalau mau foto endorse 😆😂



Piano yang terkenal. Tadinya kalo lagi gak ada yang main, pengen foto disitu.
Eh tapi ada nini2 yang main piano jago banget 😍
Udah sampe Korea, kalau banyak waktu silahkan mampir2 kesini 😁

12. Dongdaemun Market

Nah abis dari DDP, boleh ni langsung mampir ke DOngdaemun market.
Berhubung kemarin aku buka jastip, ada beberapa skincare yang ternyta lebih murah beli disini.
Almond jg harganya lebih murah disini dariapada di Myeongdong.
Ya mungkin karena myeongdong udah terkenal dan emang tempat wisata plus belanja sih.
Jadi harga skincare dan jajanannya jelas lebih mahal.



13. War Museum


Kemarin suami ngajak kesini, katanya kemarin selalu lewat ini tiap balik ke penginapan jadi penasaran.
Ini pilihan aja sih, antara mau masukin list apa gak.
Tapi karena aku liat museumnya bagus banget, jadi deh aku masukin walaupun list rekomendasi terakhir hahaha
Ya kan gak semua orang mau yaa lagi liburan malah dateng ke museum hehe



Museumnya luas dan bagus.
Aku keliling dari luar baru kedalam.
Diluar aja banyak yang bisa diliat.


Nanti didalam kalian harus tarok barang2 yang kalian bawa di loker.
Untuk menghindari kebanyak barang bawaan lalu malah nyenggol didalam.


Kira2 segitu aja rekomendasi dari aku.
Banyak juga ya kalau diliat2 😂😂😂
Semoga yang lagi cari2 lokasi liburan, bisa terbantu yaaa

I love you guys so much 😘😘😘
See you in my next story 💛

XOXO
Annisajosei

Comments

Popular Posts