JR Pass - Japan Rail Pass

Hai semuanya :)
Assalamu'alaikum.

Lagi pada apa nih?
Apa? Nungguin blog aku?
Aduh jadi enak :p

Hari ini aku mau kasi tau sedikit tentang JR Pass atau Japan Rail Pass.
Mungkin beberapa temen yang pernah ke Jepang udah tau kalau kita pake Jr Pass, bisa memudahkan dan menguntungkan kita dalam melakukan trip 7 hari atau lebih.
Kenapa tiba2 aku tetep pengen nulis, karena kemarin aku sempet ada kejadian yang sedikit menyebalkan.
Gak parah2 banget, tapi lumayan ngeselin sih.
Dan ini terjadi di tempat aku beli JR Pass di Jakarta, tepatnya di Dharmawangsa.

So,
Aku mau kasi tau sedikit tentang Jr Pass.
JR Pass itu adalah buku taping utk perjalanan menggunakan Train, Bus, atau Ferry.
Dengan membeli JR Pass ini, kita bisa menggunakan train di jepang for unlimited access.
Pilihan untuk Jr Pass ini terdiri dari 7 hari, 14 hari, dan 21 hari.
Tapi untuk mengingatkan, JR Pass hanya bisa digunakan untuk kendaraan umum milik JR.
Untuk keterangan lebih detail mungkin temen2 semua bisa baca di link dibawah ini.

http://www.japanrailpass.net/en/

JR Pass hanya bisa dibeli oleh pendatang atau turis.
Atau dengan kata lain harus ada status "Temporary visitor" di visa kalian.
Dan JR Pass ini hanya bisa dibeli diluar Jepang.
Hebat yah bisnis mereka hehe.
Menguntungkan untuk Jepang dan Turis itu sendiri.

Oke info selanjutnya.

1. Gimana cara beli JR Pass?
Gampang banget, kalian tinggal datang langsung ke semua kantor HIS di Kota kalian.
Ini link info untuk yang di jakarta.

http://www.railpass-japan.com/index.php?m=page&p=our-location

2. Berapa harga JR Pass?
Pilihan harga JR Pass hanya terdiri dari Dewasa atau Anak2, dan Kursi Biasa atau Kursi eksekutif.
Kursi biasa udah oke sih menurut aku :)
Harga nya aku cantumkan di link dibawah ini.
Harga Yen nya, tinggal dikalikan dengan kurs Yen saat kalian mau berangkat.
Untuk info aja, kemarin aku beli mepet2 dengan waktu keberangkatan dan harganya lebih murah dari pada 2 bulan sebelum keberangkatan. Karena pas aku mau berangkat, kurs Yen sedang turun :)

http://www.japanrailpass.net/file/trial_basis_en.pdf


3. Bagaimana cara menukarkan buku JR Pass di Jepang?
Cara menukar buku JR Pass, hanya ada beberapa lokasi saja.
Salah satunya di Bandara.
Read link below. It's very important!

http://www.japanrailpass.info/exchange_offices.html

Mau cerita sedikit, kemarin aku sempat kecewa dengan kantor HIS di Dharmawangsa.
Aku sempet nanya beberapa hal tentang JR Pass dan mereka menjawab dengan malas2an dan tidak jelas.
Mbak nya hanya bilang, ketika kita menukarkan JR Pass, maka hari itulah JR Pass kita aktif. (Sedangkan aku pengen aktif-in Jr Pass di hari ke 4).
Si mbak nya juga bilang, bisa menukar buku JR Pass di semua stasiun JR Lines, tidak hanya di bandara.

Dan ternyata faktanya adalah, ketika kita menukar buku JR Pass, mereka akan bertanya kapan kita mau mengaktifkan buku JR Pass nya.
Dan ternyata di Sapporo (Kota yang saya datangi), hanya bisa menukar di Bandara saja.
Selain itu, lokasi nya jauh banget.
Jadi saya sempat bolak balik ke bandara hanya untuk menukar buku JR Pass.
Saya dan suami sempet kesel banget sama sistem kerja kantor HIS di jakarta yg tidak benar memberikan informasi kepada pembeli.
Kemarin lumayan juga ngabisin duit 2000yen sendiri untuk naik bus ke Airport.
Semoga gak ada yang ngulang kesalahan kayak kita ya :)


JR INFORMATION DESK
AT NEW CHITOSE AIRPORT, HOKKAIDO





My JR Pass book




Nanti, setiap kalian mau masuk ke JR lines, kalian tinggal menunjukkan buku ini kepada petugas.
Mereka hanya mengecek tanggal aktif nya.

My last information and it's very important, kalian bisa booking kursi supaya kalau sama pasangan atau keluarga, kursi nya tidak terpisah.
Saya saranin booking kursi nya 1 hari sebelum keberangkatan.
Atau kalau lagi Golden week atau Peak season, booking nya bisa jauh2 hari biar aman.
Misalnya seperti kemarin saya booking kursi dari Hokkaido ke Tokyo.
Jadi kalian bisa nyaman, tinggal cari nomer kursi nya aja :)
Tenang aja, gratis kok hahahaha


Ini beberapa foto Reserved Seat Ticket
Gak mungkin kan aku masukin semua foto nya,
bisa bikin album foto sendiri nanti hahaha





Karena pakai JR Pass ini, aku dan suami banyak banget mendatangi tempat2 di jepang.
Selain Sapporo, kami ke Otaru, Asahikawa, Furano, Biei, Toya, Tokyo, Osaka, Kyoto, Kobe, bahkan kami sampai ke Hiroshima.
Dan sempet nyobain ferry ke Miyajima Island di Hiroshima.
Pssttt, gratis loh karena pakai JR Pass hihi.
Pokoknya gak rugi deh kalau kalian sempetin nyobain tempat2 baru di Jepang.
Dan harus banget nyobain kesana kemari kalau waktu stay nya lebih dari seminggu.
Shinkansen nya nyaman banget banget banget :D

By the way, kalian semua jangan lupa baca keterangan didalam buku JR Pass nya ya.
Karena info jalur yang bisa dan tidak bisa menggunakan JR Pass lengkap tertulis disitu.

Keterangan lengkap supaya kalian gak salah planning.
Karena biaya Express train semacam shinkansen mahal
Tapi tenang aja, pake JR Pass bisa bebas kok :D




Oke guys,
Seperti nya itu aja.
Semoga info dari aku jelas ya.
Kalau ada yang mau nanya2 lebih detail lagi boleh kok :)
See you in the next page guys.


xoxo
Annisajosei

Comments

Popular Posts